BAGAIMANA MARKETING MANAGEMENT YANG BAIK

18 May 2013, Comments: 0

Himmedia News – Dalam dunia usaha khususnya yang bergerak dalam bidang perdagangan sangat disarankan untuk mempunyai konsep marketing management, ini berguna untuk mengatur strategi pemasaran agar produk yang ditawarkan dapat diterima dikalangan masyarakat salah satunya dengan memberikan menawarkan harga yang cukup bersaing. Marketing management juga dibutuhkan untuk menyusun rencana promosi launching produk baru, yang membutuhkan persiapan cukup matang seperti:

 Perencanaan pendistribusian produk
 Penetapan harga
 Pengawasan yang harus dilakukan

Ketiga hal tersebut diharapkan bisa membantu tercapainya proses promosi dalam rangka meraih peluang pasar dan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Tentunya hal tersebut harus disesuaikan dengan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan marketing management secara garis besar.
Ada baiknya jika anda membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam melakukan marketing management, sehingga dalam setiap kegiatannya tetap mengacu pada satu prosedur. Standar Operasional Prosedur ini juga berguna juga untuk mengembangkan bisnis dan usaha anda.
Sama halnya dengan membuat Standar Operasional Prosedur untuk para karyawan, ini bertujuan agar karyawan tetap konsisten dengan tanggung jawabnya terhadap pekerjaan yang seharusnya mereka buat dan laporkan. Apabila Hal ini terus diterapkan tentunya akan membantu perusahaan dalam rencana mencapai target pada jangka waktu tertentu. Begitu juga halnya dengan marketing management dalam pemasaran yang kurang lebih membahas bagaimana mengelola pemasaran dengan baik, sehingga target dalam mempromosikan dan melakukan penjualan produk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Dalam marketing management tentunya harus memperhatikan bagaimana cara melihat peluang pasar dan mencari tahu keinginan konsumen. Dengan dua hal tersebut diharapkan anda akan bisa lebih menentukan skala prioritas dalam melakukan promosi dan penawaran terhadap produk-produk yang ada.
• Seperti halnya dalam melihat peluang pasar, anda bisa mencari tahu berapa harga yang berlaku dipasaran untuk produk yang akan ditawarkan. Hindari pemberian harga yang jauh dari harga pasaran, ini akan bisa menghambat rencana pemasaran anda, karena harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi atau mahal dari harga pasar pada umumnya.
• Mencari tahu keinginan konsumen, anda bisa mengetahuinya dengan cara melakukan survey ataupun jajak pendapat tentang apa saja kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen, sehingga anda bisa memproduksi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini tentu akan membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka dan juga bisa mengurangi resiko terjadinya kerugian atau idle stock barang yang tersimpan digudang.
• Pendistribusian barang, tentukan skala prioritas pada tujuan utama pangsa pasar produk yang akan ditawarkan, apabila pangsa pasar lebih untuk kebutuhan sehari-hari. Anda bisa terlebih dahulu fokus melakukan pendistribusian barang pada pasar tradisional atau supermarket.
Dari semua uraian diatas tentang marketing management diatas, anda bisa menambahkan kembali hal-hal yang masih dirasa kurang, dan tentunya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>